Skip to content

7 Tips untuk Memilih Teman Penghuni yang Cocok untuk Discus

18/09/2012

Waktu memilih penghuni aquarium yang lain untuk teman discus di aquascape, Anda harus ingat kalau discus adalah ikan utama di aquarium tersebut. Jadi penghuni lain harus disesuaikan yang cocok untuk discus, apalagi karena discus adalah ikan hias air tawar yang pemalu.

Berikut ini adalah 7 persyaratan yang saya ikuti waktu memilih teman discus di aquascape saya:

Bosmani rainbowBosmani rainbow berenangnya cepat & membuat discus takut. Copyright Leonardo Da Silva.
  1. Penghuni lain makannya harus lebih lambat dari discus & tidak menyaingi discus makan. Discus makannya lambat & tidak langsung menghabiskan makanannya. Jadi ikan yang rakus seperti Manvis (Pterophyllum scalare) & Bosmani rainbow (Melanotaenia boesemani) tidak cocok untuk teman discus.
  2. Warnanya harus lebih jelek dibanding discus. Iya donk, masa ikan lain warnanya lebih cantik & menarik dibanding discus? Makanya Cardinal tetra (Paracheirodon axelrodi) yang warna merah biru cemerlang di tank saya pindahkan.
  3. Cocok dengan suhu air discus yang lebih hangat. Discus perlu suhu air 27 – 30 C & mayoritas ikan hias air tawar lainnya hidup di suhu 24 – 27 C, jadi perlu dicari ikan yang sesuai.
  4. Tidak agresif & berenangnya lambat. Discus suka kaget dengan ikan yang berenangnya cepat. Dan bisa-bisa discus hanya ngumpet saja di balik tanaman kalo sering kaget. Jadi ikan yang berenangnya cepat seperti Red-line Torpedo Barb (Puntius denisonii) & Bosmani rainbow (Melanotaenia boesemani)  tidak cocok untuk teman discus. Begitu pula Manvis (Pterophyllum scalare) & Altum (Pterophyllum altum) yang agresif & teritorial juga tidak cocok untuk discus.
    Manvis tidak cocok untuk discusManvis (Pterophyllum scalare) teritorial & makannya rakus.
  5. Ukurannya harus lebih besar dari mulut discus. Kalo tidak, bakalan jadi cemilan buat discus :)
  6. Tidak menghasilkan banyak kotoran. Ingat kalo discus perlu kualitas air yang jernih & berkualitas: kadar ammonia 0, nitrit 0 & nitrat di bawah 20 ppm/liter. Jadi hindari ikan-ikan pabrik ammonia seperti koki & sapu-sapu (pleco)!
  7. Tidak suka menempel ke badan discus. Beberapa ikan pemakan algae suka menempel ke badan discus karena suka menyedot lendir di badan discus. Apalagi discus berenangnya lambat, jadi gampang sekali mereka menempelnya. Hindari otocinlus, sapu-sapu (pleco), CAE (Chinese algae eater) & SAE (Siamese algae eater).

Jadi ikan apa yang ideal untuk teman discus di aquascape?

Sumber

 

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 227 other followers

%d bloggers like this: