Skip to content

Cara Ternak Aquatic Plants

18/09/2012

Cara beternak berbagai macam aquatic plants di rumah ndiri, modalnya tidak perlu besar. Keuntungannya sudah jelas, gak perlu repot2 blanja berulang2, apalagi kalau plantsnya berharga “tinggi”.. kalau butuh, tinggal panen!

.. that’s simple!… + juga bisa dapat extra income dengan menjual kelebihan stock atau sisa trimming ke teman-teman hobbyst yg membutuhkan..:mrgreen: LUMAYAN kann???!!!:mrgreen:

Ok… That’s for the introduction!.. Lanjut ke “How To” nya..

kalau memang udah bener2 maniak aquascape, memang gak ada salahnya bikin 1 tank lagi untuk emmersed culture berbagai macam plants. Berikut yang harus diperhatikan:
1. Wadah
Ukuran bisa variatif. Tapi makin besar makin bagus karena bisa muat berbagai jenis plants. Saran saya sih minimal 60x30x36. Wadah bisa menggunakan aquarium, baskom besar, atau box sterofoam. Pilih saja sesuai kebutuhan. lalu usahakan tertutup rapat sehingga wadah benar-benar lembab 100%.
2. Media tanam
Sebaiknya pakai pot tanaman yg umum dijual pasaran dengan lubang-lubang di bagian dasarnya. Media tanam bisa menggunakan laterit, atau tanah kebun yg subur (mengandung humus), bisa juga dengan media substrat ala aquascape (pupuk dasar + silika –> silikanya gak perlu terlalu tebal2).. Jangan lupa kalau sudah selesai menanam, media tanam ini harus senantiasa basah dengan disiram secara rutin..
3. Lokasi
Jangan sekali2 dilokasikan untuk dijemur, nanti jadi “tim sayur”. Posisikan wadah di tempat yg teduh, yang cukup sesekali terkena matahari. Matahari pagi atau sore rasanya paling bagus untuk emmersed culture. Kalau lokasi gak mungkin dapat tempat teduh, bisa diakali dengan menggunakan net matahari 60% di toko pertanian atau atap fiber di toko bangunan untuk bantu “shading” emmersed culture nya dari terik matahari yg berlebihan…
4. Pengairan
Air cukup setinggi permukaan aquarium dasar saja.. 2 – 3 cm saya rasa cukup.. tujuannya untuk membantu menjaga tingkat kelembaban dan menjaga suhu dalam wadah emmersed culture tetap stabil.. sebaiknya air diganti rutin sminggu 1 – 2x… Di sini penting sekali untuk tidak menjemur aquarium emmersed culturenya, kalau airnya tll panas, tanaman bisa pada mati..

Saya rasa sharingnya segini dulu.. nanti kalau ada hal-hal yang masih kurang bisa ditambahkan.. kalau ada teman-teman yg mau bagi2 ilmu culture tanaman airnya juga boleh share di sini… Salam AQUASCAPE!

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: