Skip to content

Ikan Discus Untuk Aquascape

18/09/2012

Memelihara discus ternyata tidak sesusah yang saya bayangkan. Lebih gampang dari persyaratan hidup discus dari berbagai artikel yang saya baca. Jadi apakah discus ikan yang susah dipelihara hanyalah mitos saja?

Nah bagaimana ceritanya kok sampai mencoba discus untuk aquascape?

3 ekor discus pertama saya

3 ekor discus pertama saya yang murah meriah.

Ketika pertama kali mulai aquascaping, saya hanya pakai aquarium ukuran 60 x 30 x 35 cm, jadi lumayan kecil. Pilihan ikan pun terbatas ikan aquascape yang kecil-kecil seperti cardinal tetra, red nose tetra, galaxy rasbora, guppy & harlequin rasbora. Lama kelamaan saya bosan karena ikan tersebut susah dilihat karena sering ngumpet di antara tanaman.

Saya mulai mencari informasi tentang alternatif ikan hias air tawar yang lebih besar, lebih cantik & lebih mudah dilihat.

Pertama kali saya mencoba angelfish (Pterophyllum scalare) yang sering disebut manvis. Ternyata saya kurang suka karena manvis lebih banyak berdiam di tempat, sangat teritorial & agresif. Udang red cherry di tank saya juga habis dimakan mereka.

Discus saya berbaris di aquascape

Discus saya berbaris di tank aquascape 145 x 50 x 50 cm.

Lalu saya mencari ikan hias aquascape lainnya. Akhirnya pilihan saya jatuh ke discus ( Symphysodon aequifasciata). Apalagi warna & coraknya membuat jatuh cinta!

Kemudian saya mulai mencari discus ukuran 2″ yang murah meriah. Lalu saya beli 3 ekor discus 2″: pigeon blood, pigeon & cobalt blue. Totalnya hanya Rp. 75 ribu.

Murah sekali khan untuk pertama kali coba pelihara discus? :)

Beberapa hari pertama mereka selalu ngumpet di balik tanaman. Ngambek tidak mau makan. Setelah 1 – 2 minggu, mereka jadi jinak & mau makan dari tangan saya.

Tapi ternyata, setelah saya baca-baca lebih lanjut tentang discus, discus baiknya dipelihara minimum 6 ekor. Ukuran aquarium minimum juga 120 x 50 x 50 cm.

Karena itu saya lalu membuat aquarium yang lebih besar. Aquascape 145 x 50 x 50 cm, yang saya beri nama Telaga Tenteram Discus. Dengan penghuni 9 ekor discus, 50-an red nose tetra (Hemmigramus bleheri), 8 cobalt blue goby (Stiphodon semoni), corydoras, udang red cherry, udang Amano, keong tanduk & keong terompet.

Dari pengalaman saya & berbagai artikel & buku yang saya baca, intinya untuk bisa sukses memelihara discus adalah:

  1. Kualitas air harus bagus. Kadar ammonia 0, nitrit 0 & nitrat di bawah 20 ppm/liter. Di tank saya, ammonia 0 & nitrat 10 ppm/liter.
  2. Suhu air 27 – 31 C. Jadi suhu di Jakarta sangat mendukung untuk memelihara discus. Namun karena untuk aquascape, idealnya suhu air dijaga agar maksimum 29 C, demi kesegaran & kesuburan tanaman aquascape.
  3. pH 6 – 7.
  4. Pelihara minimal 6 ekor di aquarium minimal 120 x 50 x 50 cm.
  5. Sistem filtrasi yang baik & sudah terbentuk. Jadi jangan langsung menambahkan discus ke aquascape yang baru saja dibuat. Tunggu sampai nitrogen cycle sudah terbentuk dengan sempurna.

Anda mau coba memelihara discus di aquascape?

 

Sumber

From → Ikan Aquascape

Leave a Comment

Leave a Reply

