Skip to content

Aquascape, Sebuah Hutan Dalam Aquarium

29/10/2012

Aquascape adalah suatu hobie baru dalam kalangan para penggemar ikan hias. dalam aquascape ini bukan ikan yang menjadikan sebagai subject utama, dan justru ikanlah yang menjadi tampilan pembantu. Arti sebenarnya dalam Aquascape adalah “tanaman”. loh kok bisa ?…. dalam memahami hobi “Aquascape” ini dibutuhkan beberapa kemampuan. dianataranya. kesabaran, pengetahuan tentang kimia air, cara hidup tanaman/biologi, jiwa seni dan ketelatenan.

berikut ini adalah beberapa style aquascape

NATURE STYLE AQUASCAPE

Sebuah pendekatan kontras dengan sifat atau gaya Jepang, yang diperkenalkan pada tahun 1990 oleh Takashi Amano. Amano volume seri ketiga, Nature Aquarium World, memicu gelombang minat para pecinta akuarium, dan ia telah dianggap sebagai aquascaper yang paling berpengaruh di dunia. komposisi aquascapes amano terlihat pada teknik-teknik berkebun Jepang yang berusaha meniru pemandangan alam dengan susunan asimetris relatif beberapa spesies tanaman, dan batu atau kayu apung yang dipilih dengan hati-hati . Gaya ini sangat menarik terutama dari konsep estetika Jepang Wabi-sabi, yang berfokus pada kefanaan dan minimalis, dan Iwagumi, yang mengatur penempatan batu.

BIOTOPES

Gaya di atas sering menggabungkan spesies tanaman dan hewan yang didasarkan pada dampak visual yang diinginkan, tanpa memandang asal-usul geografis. Biotope aquascapes dirancang bukan untuk meniru persis habitat perairan tertentu di lokasi geografis tertentu, dan tidak perlu untuk menyediakan taman-seperti layar. Tanaman dan ikan tidak perlu hadir, tetapi harus sesuai dengan di alam dalam habitat yang dicontoh.

PALUDARIUMS

Dalam paludarium, bagian tanaman dari akuarium adalah berada di dalam air, dan sebagian di atas air. Hal ini memungkinkan tanaman untuk tumbuh berkembang, dengan akar di bawah air, tetapi puncak mereka di udara.

SALTWATER REEFS

Gaya aquascapes Belanda dgn sistem secara tradisional alam air tawar. Sebaliknya, relatif sedikit tanaman hias dapat tumbuh di akuarium air asin. Saltwater aquascaping biasanya berpusat pada meniru karang. Sebuah susunan batu hidup membentuk struktur utama aquascape ini, dan dihuni oleh karang dan invertebrata laut lainnya serta ganggang merah seperti karang, yang bersama-sama melayani estetis yang sama perannya sebagai tanaman air tawar.

 

sumber

From → Aquascape

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: